Ari Ashari Sampaikan Pentingnya Kelola Pariwisata Tanjung Merdeka Sebagai Pendorong Ekonomi

ERAINSPIRASI.COM – Sektor pariwisata sebagai salah satu pendorong ekonomi, hal ini ditekankan oleh Anggota DPRD Makassar Ari Ashari Ilham pada Reses Ketiga 2022/2023 di Villa Pantai Biru, Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Kamis, 03/08/2023.

Ari mengatakan, Tanjung Merdeka memiliki potensi pariwisata yang perlu dikelola dengan baik jadi perlu ditingkatkan serta dibenahi.

“Perlu pembenahan karena beberapa tahun ini saya melihat tidak ada kemajuan pariwisata khususnya di Tanjung Merdeka ini,” jelasnya.

Ia menilai Kawasan Tanjung Merdeka ini jika ditata dan dikelola dengan baik, bisa menjadi kawasana pariwisata yang menjanjikan. Maka dari itu perlu adanya kerjasama yang baik antara Pemkot dan Dinas Pariwisata.

“Sengaja saya pindah ke Komisi B agar bisa berkomunikasi langsung dengan teman-teman di Dinas Pariwisata, untuk bagaimana memikirkan potensi wisata di Makassar,” ujarnya.

Disamping itu, Ari juga menyerap aspirasi dan keluhan warga soal wacana pembangunan tol. Hal ini telah termaktub dalam draft Ranperda Revisi RTRW. Ari menegaskan dalam resesnya secara tegas menolak pembangunan Tol Laut lantaran bisa mematikan potensi pendapatan dari masyarakat.

“Itu sudah ada, dan saya dengan tegas menolak rencana itu, selama saya masih ada di DPRD,” ujarnya.

Ari juga mengharapkan agar pemerintah juga memperhatikan kalangan kecil yang akan terdampak pengerjaan proyek.

Saat reses di empat titik sebelumnya, Ari juga mendapat banyak keluhan soal pengerukan drainase dan perbaikan jalan lingkungan dan perbaikan lampu jalan. Kemudian ia juga mendapat keluhan seperti masalah zonasi pendidikan SMA khususnya Tanjung Merdeka, Parangtambung dan Barombong mesikpun seharusnya bukan kewenangan Kota Makassar

“Sementara anak ini kan wajib mendapatkan sekolah. Jadi harapan di dapil kita, itu bisa disampaikan ke provinsi,” ujarnya.

Lurah Tanjung Merdeka, Andi Sofyan Bau Djemma, mengatakan kegiatan reses ini sangat bermanfaat karena bisa menjadi wadah dalam bertukar pikiran.

“Kita bisa bertukar pikiran antara masyarakat dan dewan kita,” ujarnya.

Dia mengapresiasi upaya dari Ari Ashari yang telah berupaya mengembangkan kawasan pariwisata di Makassar. Bahkan dirinya masuk ke dalam Komisi B yang menaungi pariwisata agar kawasan pariwisata pantai khsuusnya di Kecanaran Tamalate bisa terus berkembang.

“Jadi beliau ini sangat men-support pariwisata di Makassar,” ujarnya.

Dia mengatakan pantai biru saat ini ditunjuk masuk dalam desa wisata utnuk bersaing dalam kancah nasional melawan 4000 kawasan wisata lain.

Pihaknya sudah berupaya untuk memenuhi sejumlah kriteria yang dipersyaratkan oleh pusat agar Pantai Biru bisa masuk sebagai desa wisata.

“Dari 4000 desa wisata bersaing, semoga pantai biru bisa jadi juara,” ujarnya. (*)