Belum Punya Kantor, Starlink Elon Musk dipantau Menkominfo

Belum Punya Kantor, Starlink Elon Musk dipantau Menkominfo

ERAINSPIRASI.COM, JAKARTA – Perusahaan penyedia jasa internet milik Elon Musk, Starlink telah resmi masuk ke Indonesia bersama dengan nama PT Starlink Service Indonesia. Akan tapi perusahaan belum punyai kantor dan bayar pajak sesuai aturan yang berlaku
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie mengatakan, pihaknya akan terus mengawal sistem Starlink dalam mencukupi kelengkapan kewajibannya sebagai penyelenggara telekomunikasi di Indonesia.

“Mereka baru April beroperasi, dan kami akan minta terus. Kita minta terus soal kelengkapan-kelengkapannya. Kita sambil berproses, kami evaluasi monitoring terus,” kata Budi, dalam Konferensi Pers berkenaan Perkembangan Terbaru Pemberantasan Judi Online, lewat saluran telekonferensi, Jumat (24/5/2024).

Di sisi lain, menurutnya Starlink telah menyiapkan kantor di Indonesia tapi belum diresmikan. Hal ini paralel bersama dengan pengecekan yang dilakukan pemerintah dalam mengawal waktu-waktu awal operasi perusahaan milik orang terkaya di dunia itu.

“Dia telah set up (kantor). Cuma, kami akan periksa, kami akan lihat,” ujarnya.

Budi mengatakan, Starlink sendiri baru beroperasi satu bulan. Pihaknya akan lakukan monitoring dan evaluasi per 3 bulan untuk memantau jalannya operasi raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu.

“Nanti per 3 bulan kami evaluasi ini mereka bagaimana. Pokoknya intinya kami menyambut baik seluruh pengopreasian itu, gara-gara sanggup menangani kasus coverage di kita. Karena teknologi yang ditampilkan ini luar biasa ya. Prioritas Kominfo ini kan jangkauan, coverage, sekaligus peningkatan kualitas layanan, kecepatan dalam hal ini quality of service, di seluruh penjuru Tanah Air. ini problem yang sanggup terbantu,” jelasnya.

Budi termasuk akan menegaskan kerja mirip Starlink bersama dengan penyelenggara jasa internet Indonesia, dan juga kerja mirip berasal dari sisi interoperabilitas, layanan, akses jaringan, penelitian, hingga pengembangan teknologi, dan juga pengembangan kapasitas lokal.

“Juga untuk pelaksanaan bisnis ke depan aku telah perintahkan kepada jajaran Kominfo untuk terus lakukan pengawasan, monitoring dan evaluasi, penyelenggaraan telekomunikasi, termasuk PT Starlink service Indonesia. itu seluruh benar-benar perlu untuk menegaskan equal playing field di industri telekomunikasi Indonesia dan tentu demi sarana internet yang inklusif untuk seluruh rakyat Indonesia,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, sebelumnya Elon Musk berkunjung ke Bali dalam rangka turut resmikan Starlink bagi pelanggan ritel. Peresmian jaringan internet Starlink ini dilakukan di Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Denpasar Timur, Bali, Minggu (19/5/2024).

Dikutip berasal dari detikInet, Starlink telah merilis daftar harga sarana miliknya itu. Perusahaan membaginya ke dalam tiga kategori paket internet, yaitu Residensial, Jelajah, dan Kapal. Dilaporkan termasuk Spacex beri tambahan disc. 40% untuk perangkat keras Starlink hingga 10 Juni 2024.