Site icon EraInspirasi

Cegah Kematian dan Kurang Gizi pada Bayi, Harry Kurnia Pakambanan Ingatkan Perda Pemberikan ASI Eksklusif

ERAINSPIRASICOM, MAKASSAR— Lemahnya pengertian masyarakat, utamanya masih banyak ibu-ibu di Makassar yang tidak memahami pentingnya pemberian ASI. Padahal, ASI sangat bermanfaat bagi pertumbuhan bayi.

Hal ini disampaikan, Anggota DPRD Makassar, Harry Kurnia Pakambanan saat menggelar sosialisasi dan penyebarluasan peraturan daerah terkait Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif yang berlangsung di Hotel Harper Perintis Kota Makassar, Senin (25/03/2024).

“Ketika berbicara mengenai perda ini, kita sebagai orangtua dan ibu-ibu ini harus tahu bahwa ASI merupakan salah satu hak bagi anak sehingga perlu diperhatikan pemenuhannya. Makanya pelaksanaan sosper ini dapat menambah pengetahuan lagi bagi kita,” ungkapnya.

Lanjut Legislator Fraksi Demokrat Makassar ini bahwa zat-zat yang terkandung dalam ASI ini penting untuk pertumbuhan anak, manfaat ASI juga penting dalam pertumbuhan anak, ASI juga merupakan antibodi alamiah untuk anak.

“Jadi semoga saja dengan ini kita bisa berikan apa yang menjadi hak anak atau bayi kita dan kita mampu memberikan pemahaman terhadap masyarakat utamanya ibu-ibu tentang pentingnya pemberian ASI,” katanya.

Turut hadir menjadi, Narasumber Pelaksana Tata Usaha Puskesmas Tamalanrea, Rina Sule Hamba dan Tenaga Dinas Kesehatan Kota Makassar, Andi Hastri Wahyuni Usman Amd Keb.

 

Sementara itu, Pelaksana Tata Usaha Puskesmas Tamalanrea, Rina Sule Hamba mengaku kurangnya asupan dan rendahnya gizi bayi memang salah satu faktornya disebabkan kurangnya pemberikan ASI Ekslusif. Kematian pada bayi cukup tinggi, kebanyakan karena gizi pada bayi tidak terpenuhi.

“ASI tidak bisa digantikan oleh susu formula, di ASI banyak kandungan proteinnya. Selain itu, kolostrum merupakan ASI yang keluar pertama kali pada 1-5 hari pasca melahirkan. Kolostrum yang berwarna kekuningan ini mengandung immunoglobulin A yang tinggi,” tuturnya. (*)

Exit mobile version