Danny Pomanto Hadiri Undangan Khusus Presiden Joko Widodo di Makan Malam WWF di Bali

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengimbuhkan undangan tertentu kepada Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto atau biasa disapa Danny Pomanto. Untuk menghadiri jamuan makan malam bersama dengan delegasi forum air dunia atau WWF di Bali.

Dalam daftar undangan yang beredar, Danny Pomanto satu-satunya Wali Kota di Indonesia terpilih yang akan bergabung bersama dengan 13 orang delegasi dari sejumlah negara yang akan bersua Presiden Jokowi di dalam sebuah forum.

Sejumlah perwakilan yang diundang Presiden Jokowi bersama dengan Danny Pomanto antara lain Kader Makhlouf dari Prancis, Wali Kota Kumamoto Kazufumi Onishi dari Jepang, dan Wali Kota Karatay Hasan Klca dari Turki.

Para kepala negara dan delegasi WorId Water Forum (WWF) ke-10 akan dijamu pada sambutan makan malam. Dengan jamuan hidangan tradisional khas Nusantara yang sudah disiapkan, dan akan digelar di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Minggu 19 Mei 2024.

Selain itu, pertunjukan-pertunjukan sambutan yang cocok bersama dengan tema World Water Forum termasuk sudah disiapkan.

“Semuanya aku yakin persiapannya masak dan pasti sudah terlampau baik,” kata Director Government Relation and Permit Alam Sutera Group selaku pengelola Taman Budaya GWK.

Rangkaian kesibukan makan malam akan di awali pada pukul 17.00 WITA sampai 22.00 WITA dan dihadiri kira-kira 2.300 orang, yang terdiri dari 500 undangan naratetama (VVIP) dan 1.800 undangan lainnya.

Sejumlah kepala negara sudah tiba di Bali di antaranya adalah Perdana Menteri (PM) Tajikistan Qohir Rasulzoda, Presiden Sri langka Ranil Wickremesinghe, dan Presiden Fiji Ratu Wiliame Maivalili Katonivere.

Kemudian Wakil Perdana Menteri Papua Nugini John Rosso termasuk sudah tiba, serta Mantan Presiden Hungaria Janos Ader yang ada sebagai undangan spesial.

Sementara Perdana Menteri Maroko Aziz Akhannouch sudah mengonfirmasi kehadirannya tetapi belum tiba di Bali.

Presiden Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Dennis Francis dan Presiden World Water Council (WWC) Loïc Fauchon termasuk sudah tiba dan akan ikut menghadiri jamuan makan malam.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan menyambut secara segera para tamu negara berikut pada pukul 19.30 WITA.

Selain itu tamu undangan lainnya di dalam jamuan makan malam adalah 17 menteri atau pejabat setingkat Menteri di antaranya dari Australia, Brunei Darussalam, Tiongkok, Kongo, Mesir, Prancis, Kenya, Palestina, Filipina, Saudi Arabia, Senegal, Singapura, Tanzania, Timor-Leste, Tunisia, Persatuan Emirat Arab, dan Uzbekistan.

Kemudian delegasi dari negara Brazil, Gambia, Italia, Jepang, Kazakhstan, Meksiko, Mozambik, Belanda, Nigeria, Palau, Qatar, Kepulauan Solomon, Federasi Saint Kitts dan Nevis, Slovakia, Thailand, Turki, dan Vanuatu.

Turut ada perwakilan Organisasi Internasional yakni EU, Bank Dunia, IPU (diwakilkan DPR), serta Sekjen PBB (UNESCAP).