Demi Sukseskan Pemilu Forum Rektor Indonesia Gelar Deklarasi Pemilu Aman dan Damai di Makassar

Forum Rektor Indonesia (FRI) bersepakat untuk bersatu didalam menyukseskan Pemilu 2024. Para Rektor dari beraneka kampus di Indonesia ini termasuk menggelar deklarasi Pemilu aman dan damai.
Deklarasi pemilu aman dan damai itu berjalan di Hotel Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sabtu (3/2) kira-kira pukul 22.00 Wita. Deklarasi dibacakan oleh Ketua FRI, Prof Dr Nurhasan dan ikut dihadiri oleh 12 rektor yang merupakan pengurus FRI.

“Yang ikut didalam deklarasi ini pengurus,” ujar Prof Nurhasan, kepada wartawan.

Nurhasan mengatakan, deklarasi ini disepakati oleh empat ribu rektor dari beraneka kampus swasta dan negeri di Indonesia. Selain yang hadir langsung, beberapa rektor lainnya hadir secara virtual.

“Jumlah forum Rektor Indonesia ini lebih dari 4 ribu dari Rektor kampus negeri dan swasta. Ini diketahui pengurus dan beberapa anggota, dikarenakan rapat kita hybrid ada yang online dan offline,” kata Nurhasan.

Nurhasan menyampaikan, hasil dari deklarasi ini diminta kepada para rektor untuk disampaikan kepada dosen dan mahasiswa di kampusnya masing-masing.

“Nanti kita sampaikan untuk disampaikan ke perguruan tingginya masing-masing,” tutur Nurhasan.

Berikut 5 poin deklarasi Pemilu aman dan damai Forum Rektor Indonesia 2024

Dalam rangka melindungi persatuan dan kesatuan didalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, Forum Rektor Indonesia menyerukan:

Mengajak segenap komponen mahasiswa untuk menyukseskan Pemilu 2024 yang aman dan damai.
Menolak segala bentuk usaha provokasi yang mampu memecah belah persaudaraan dan juga tindakan yang mencederai pesta demokrasi.
Bersama-sama menangkal berita hoax dan ujaran kebencian yang mampu mengganggu jalannya Pemilu 2024.
Warga negara yang mempunyai hak menentukan supaya memakai hak pilihnya cocok bersama dengan hati nurani dan tidak golput. Kita kudu menghormati perbedaan pilihan tiap-tiap orang.
Kampus bukan tempat memecah belah, sebaliknya kampus melindungi kondusivitas dan ikut memberi tambahan edukasi kepada komponen bangsa demi terciptanya pemilu yang jujur, adil, aman, dan damai.