Site icon EraInspirasi

H2L Tekankan Urgensi Masyarakat Jaga Lingkungan Hidup di Kota Makassar

ERAINSPIRASICOM, MAKASSAR — Memelihara lingkungan hidup sama dengan menjaga anak cucu kita tetap bisa menikmati kelestariannya dimasa depan.

Hal ini disampaikan, Anggota DPRD Kota Makassar, H Hasanuddin Leo (H2L) menggelar Sosialisasi Penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 Tahun 2016, Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Hotel Travellers Phinisi Makassar, Jalan Lamadukalleng Buntu No 59, Senin (5/2/2024).

“Perlu kita peduli terhadap lingkungan ta’, olehnya itu harus tau bahwa ada Perda mengatur tentang tugas dan tanggung jawab terkait tanggungjawab lingkungan hidup,” ungkap Legislator Fraksi PAN Makassar.

Selain itu, Anggota Komisi B DPRD Makassar ini juga mengaku urgensi menjaga dan melestarikan lingkungan untuk keberlangsungan hidup. Perlu keterlibatan semua masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap lingkungan sekitar.

“Ikutki berkontribusi jaga lingkungan, biar asri dan kalau tidak dikelola dari sekarang yang menjadi korban anak-anak kita kedepannya. Oleh karena nya, perlu kita menjadi perhatian semua mengenai pengelolaan dan peduli terkait lingkungan hidup,” jelasnya.

“Saya mengharap mediator tentang lingkungan hidup, pergunakan perda ini untuk sampaikan ke lingkungan dan sekitar ta bahwa ada aturan mengenai penataan dan pengelolaan lingkungan hidup,” tambahnya.

Turut hadir menjadi narasumber pada kegiatan sosialisasi tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Ferdi Mochtar S.Pt., M.Sc., Ph.D, dan Al Hidayat Samsu serta masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Mamajang, Mariso dan Tamalate.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Ferdi Mochtar menjelaskan masyarakat jangan mau diam melihat pelanggaran sekitar, persoalan lingkungan adalah pelanggaran berat dan sanksinya pidana.

“Mari kita semua membantu Pemerintah Kota, DPRD Makassar melakukan pengawasan. Siapa lagi yang akan menjaga kita lingkungan ini, kota ini kalau bukan kita semua,” ujarnya.

Ia menegaskan kelestarian lingkungan sangat penting demi kelangsungan hidup, lingkungan yang sehat akan menjadikan masyarakatnya hidup bahagia.

“Kita perlu peduli terhadap lingkungan demi, keselamatan kita semua. Pohon berfungsi menyaring racun, pohon memberi oksigen melalui metabolismenya dapat mencegah banjir, mencegah longsor dengan akarnya. Keberadaannya sangat berarti bagi kehidupan seluruh makhluk hidup,” tuturnya. (Ad)

Exit mobile version