KPU Umumkan 4 Pasang Calon Pilwalkot Makassar 2024

ERAINSPIRASI.COM, Makassar – Empat pasangan calon yang bakal bertarung di dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2024 sudah dinyatakan memenuhi semua beberapa syarat administrasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar.

Penyerahan berita acara dilakukan pada Jumat, 13 September 2024, di Kantor KPU Makassar, bersama dengan Kedatangan Ketua KPU Makassar, Andi Muhammad Yasir Arafat, dan Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Sri Wahyuningsih.

Menurut Sri Wahyuningsih, semua pasangan calon yang mendaftar sudah menyerahkan berkas yang dinyatakan lengkap dan sah.

“Berkas-berkas berasal dari keempat pasangan calon sudah diperiksa, dan sepenuhnya dinyatakan lengkap dan juga benar,” ujarnya di dalam pernyataan resmi yang disampaikan pada Sabtu, 14 September 2024.

Empat Pasangan Calon Bertarung di Pilwalkot Makassar 2024

Ada empat pasangan calon yang secara resmi sudah mendaftar ke KPU Makassar. Masing-masing pasangan diusung oleh koalisi partai yang berbeda, mencerminkan dinamika politik lokal yang makin lama kompetitif.

1. Andi Seto Gadhista Asapa – Rezki Mulfiati Lutfi

Pasangan ini diusung oleh koalisi partai yang terdiri berasal dari Partai Nasdem, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Andi Seto Gadhista Asapa adalah sosok yang dikenal sebagai tokoh muda bersama dengan latar belakang politik yang cukup kuat, pas Rezki Mulfiati Lutfi adalah figur perempuan yang diinginkan sanggup menarik suara berasal dari kalangan perempuan dan generasi milenial.

2. Munafri Arifuddin – Aliyah Mustika Ilham

Munafri Arifuddin, yang pernah mencalonkan diri pada pilwalkot sebelumnya, kini ulang bersama dengan menggandeng Aliyah Mustika Ilham, seorang politisi perempuan yang juga istri berasal dari mantan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin. Pasangan ini didukung oleh Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Perindo, Partai Hanura, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Ummat.

3. Indira Yusuf Ismail – Ilham Ari Fauzi A Uskara

Pasangan ini diusung oleh tiga partai besar, yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Indira Yusuf Ismail merupakan tokoh politik yang miliki dampak besar di kalangan pemilih perempuan dan pebisnis lokal. Sedangkan Ilham Ari Fauzi adalah tokoh muda yang dinilai sanggup memperkuat energi saing pasangan ini di kalangan pemilih muda.

4. Amri Arsyid – Abd Rahman Bando

Pasangan ini diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Amri Arsyid adalah sosok yang dikenal aktif di beragam aktivitas sosial dan pebisnis sukses, pas Abd Rahman Bando merupakan birokrat bersama dengan pengalaman panjang di pemerintahan, terlebih di Makassar.

Kombinasi ini diinginkan sanggup memberikan pilihan alternatif bagi pemilih yang menginginkan pemimpin bersama dengan latar belakang pebisnis dan birokrasi.