Marak Penipuan Prakerja, Disnaker Makassar Harap Masyarakat Waspada

ERAINSPIRASI.COM, MAKASSAR – Dalam usaha menghambat praktek penipuan yang makin lama marak mengenai dengan pendaftaran program Prakerja, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, Nielma Palamba, menambahkan imbauan kepada penduduk supaya menaikkan kewaspadaan.

Menurut Nielma, ada beberapa poin mutlak yang perlu diperhatikan oleh penduduk mengenai dengan proses pendaftaran Prakerja.

Pertama, proses pendaftaran cuma bisa dijalankan secara mandiri lewat website formal program Prakerja di www.prakerja.go.id.

Ia mengedepankan bahwa tidak ada proses pendaftaran offline yang gunakan formulir atau metode lainnya.

Selanjutnya, Nielma memastikan bahwa tidak ada pengumpulan data spesial seperti Fotokopi KTP atau Kartu Keluarga yang dibutuhkan didalam proses pendaftaran.

Selain itu, tidak ada biaya yang dibutuhkan untuk mendaftar didalam program ini.

“Kami terhitung menginginkan mengedepankan bahwa tidak ada yang bisa menjanjikan atau menjamin kelolosan pendaftaran didalam gelombang Prakerja,” ujar Palamba.

Dalam imbauannya, ia terhitung memastikan bahwa tidak ada kewajiban untuk membuka rekening bank khusus dengan menyetorkan saldo didalam kuantitas tertentu.

Ia terhitung menambahkan opsi kepada penduduk untuk bebas menentukan mitra pembayaran Prakerja yang tersedia, seperti BNI, BCA, OVO, GoPay, LinkAja, dan DANA.

Palamba menambahkan bahwa manajemen pelaksana program Prakerja tidak dulu turunkan tim atau berafiliasi untuk lakukan pendaftaran secara offline di berbagai tingkatan administratif, terasa dari desa hingga provinsi.

Dengan imbauan ini, Nielma meminta penduduk bisa lebih waspada dan terhindar dari praktek penipuan yang mengatasnamakan program Prakerja.