Marc Marquez lagi-lagi Tampilkan Performa Jempolan di MotoGP Catalunya, Start dari Posisi ke-14 sukses finis ke-3.

Marc Marquez lagi-lagi Tampilkan Performa Jempolan di MotoGP Catalunya, Start dari Posisi ke-14 sukses finis ke-3.

Erainspirasi.com, Jakarta – Marc Marquez lagi-lagi menampilkan performa jempolan di MotoGP Catalunya. Berkat kesabarannya, Marquez yang start berasal dari posisi ke-14 sukses finis ke-3.
Marc Marquez bikin kejutan (lagi). Memulai balapan berasal dari baris belakang rupanya tak membawa dampak The Baby Aliens itu patah arang. Sesi kualifikasi MotoGP Catalunya 2024 sesungguhnya tak berjalan mulus bagi Marquez. Dia cuma sukses jadi yang tercepat ke-14.

Tapi pas balapan lain ceritanya, juara dunia delapan kali itu bisa melakoninya bersama apik. Saat Sprint Race di hari Sabtu, Marquez sukses finis kedua. Selanjutnya di balapan hari Minggu, dia merangkak 11 posisi dan menyelesaikan balapan di posisi ke-3, usai menyalip Aleix Espargaro tiga lap jelang finis.

Secara personal, posisi tiga sangat penting bagi Marquez mengingat sirkuit ini yang paling tidak disukainya.

“Akhir pekan yang luar biasa. Kembali lagi, berasal dari posisi 14 ke posisi 3, yang satu ini gara-gara kesabaran. Terima kasih untuk seluruh orang yang menikmati Catalan GP sepenuhnya,” demikian ditulis Marquez didalam akun Instagramnya.

Marquez lebih lanjut menjelaskan, ada peran penting penentuan ban di balik kesuksesannya di Catalunya. Marquez menentukan ban soft seperti halnya Pedro Acosta, Jack Miller, dan teman setimnya Alex Marquez.

“Saya sangat puas bersama analisa data, gara-gara di era selanjutnya pas tetap di Honda saya selamanya bisa menentukan mana kondisi yang wajib mengfungsikan soft dan di mana medium-hard mestinya bisa digunakan. Pilihan ini sesungguhnya belum paham untuk saya di sini dan hari ini,” ungkap Marquez.

Saat sesi pemanasan, Marquez sempat menjajal ban belakang medium tetapi tak beroleh feeling yang baik bersama motor. Untuk itu di menit-menit paling akhir jelang balapan, dia menentukan mengfungsikan ban soft. Strategi itu ternyata berbuah hasil. Rider Gresini Racing itu bisa lagi berdiri di atas podium. Kemenangan ini termasuk bikin Marquez girang bukan main.

Bisa dicermati dia sempat berjoget di tikungan 12 di hadapan para penggemarnya. Adapun berkat hasil di Catalunya, Marquez berada di posisi ketiga klasemen pas di bawah Jorge Martin dan Francesco Bagnaia. Menariknya dia cuma terpaut dua poin berasal dari Bagnaia yang menghuni klasemen kedua.