Perda Pemberikan ASI Eksklusif, Yeni Rahman Tingkatkan Pemahaman Masyarakat Terkait ASI Guna Cegah Kematian dan Kurang Gizi pada Bayi

ERAINSPIRASI.COM, MAKASSAR — Pentingnya meningkatkan pengertian masyarakat, terutama untuk ibu-ibu di Kota Makassar yang banyak kurang memahami pentingnya pemberian ASI. Padahal, ASI sangat penting bagi pertumbuhan bayi.

Hal ini disampaikan, Anggota DPRD Makassar, Yeni Rahman saat menggelar sosialisasi dan penyebarluasan peraturan daerah terkait Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif yang berlangsung di Hotel Golden Tulip Jalan Sultan Hasanuddin Kota Makassar, Senin (29/04/2024).

“Jika bicara tentang perda ini, kita sebagai orangtua khususnya ibu-ibu ini harus tahu bahwa ASI penting untuk tumbuh kembang awal anak, jadi sangat perlu diperhatikan pemenuhannya. Makanya pelaksanaan sosper ini dapat menambah pengetahuan lagi bagi kita,” ungkapnya.

Lanjut Legislator Fraksi PKS Makassar ini bahwa zat-zat yang terkandung dalam ASI ini penting untuk pertumbuhan anak, manfaat ASI juga penting dalam pertumbuhan anak, ASI juga merupakan antibodi alamiah untuk anak.

“Jadi semoga saja dengan ini kita bisa berikan apa yang menjadi hak anak atau bayi kita dan kita mampu memberikan pemahaman terhadap masyarakat utamanya ibu-ibu tentang pentingnya pemberian ASI,” katanya.

Anggota Komisi D DPRD Makassar ini juga tidak lupa mengingatkan pada ibu-ibu peserta sosper ini tentang salah satu faktor kematian bayi cukup tinggi karena kurangnya asupan ASI Ekslusif.

“Kurangnya Asupan ASI dan rendahnya gizi bayi memang salah satu faktornya disebabkan kurangnya pemberikan ASI Ekslusif. Kematian pada bayi cukup tinggi, kebanyakan karena gizi pada bayi tidak terpenuhi,” tuturnya.

Meskipun saat ini ada banyak pengganti ASI seperti susu dan protein lainnya, tapi tidak bisa menggantikan pentingnya ASI Eksklusif bagi bayi.

“ASI tidak bisa digantikan oleh susu formula, di ASI banyak kandungan proteinnya. Selain itu, kolostrum merupakan ASI yang keluar pertama kali pada 1-5 hari pasca melahirkan. Kolostrum yang berwarna kekuningan ini mengandung immunoglobulin A yang tinggi,” tutupnya. (*)