Sandiaga Uno Hadiri Musik Conference di Universitas Ciputra di Makassar

ERAINSPIRASI.COM, MAKASSAR – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menilai Makassar mampu jadi pusat festival musik di Indonesia. Dia mendorong Makassar punya panggung hingga di kancah internasional.
Hal berikut diutarakan Sandiaga Uno selagi menghadiri Makassar Musik Conference di Universitas Ciputra Makassar, Minggu (30/6). Sandiaga mengapresiasi Makassar konsisten menggeliatkan berbagai event.

“Selamat untuk Makassar Musik Conference gara-gara mampu menggeliatkan Makassar sebagai epicentrum berasal dari penyelenggaraan event,” kata Sandiaga, didalam keterangannya, Senin (1/7/2024).

Sandiaga menyatakan sejumlah orang menghendaki sehingga musik Makassar mampu capai panggung di kancah internasional. Dia mengaku siap memfasilitasi Makassar sehingga mampu mewujudkan itu.

“Dan kita merencanakan untuk memfasilitasi mereka sehingga mampu capai panggung internasional, gara-gara dunia internasional juga mengapresiasi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” ujarnya.

“Dunia menjunjung capaian kita, dan aku menghendaki proses transisi ke menteri baru nanti berlangsung mulus sehingga pariwisata dan ekonomi kreatif kita mampu konsisten berkembang,” imbuh Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga menyatakan bahwa pemerintah Indonesia, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, udah meluncurkan kebijakan baru, yaitu dengan menghadirkan Sistem Online Single Submission (OSS), yang mempunyai tujuan mempercepat digitalisasi didalam penyelenggaraan kegiatan dan event.

Sistem ini dikehendaki bukan sekadar web site layanan, tetapi jadi sebuah penyederhanaan birokrasi yang transparan dan efektif untuk penyelenggaraan acara level nasional hingga internasional.

Kebijakan ini juga dikehendaki mampu menjawab permohonan lebih berasal dari 4.000 event berskala nasional dan internasional. Sehingga tersedia transformasi didalam membuahkan pengaruh ekonomi sebesar Rp 170 triliun.

“Kita berharap kebijakan ini dapat memfasilitasi peluang bisnis dan lapangan kerja bagi subsektor musik dan subsektor lainnya. Terima Kasih Pak Jokowi,” kata Sandiaga.

Di segi lain, Sandiaga menyatakan peran Kemenparekraf didalam industri musik di antaranya adalah mengakibatkan regulasi pengembangan ekosistem industri musik yang dituangkan didalam peraturan pemerintah; bantuan bantuan kegiatan musik baik pendanaan maupun in kind; sosialisasi kebijakan pengembangan dan perkembangan industri musik; dan juga mengembangkan musik lewat program inkubasi, edukasi, dan kompetisi.

“Walaupun anggaran kita terbatas tetapi kita mampu menerapkan konsep yang mampu menyentuh lapisan-lapisan musik juga bantuan hak cipta, hak intelektual berasal dari pemusik kita,” kata Sandiaga.(*)