Site icon EraInspirasi

Supratman Ditunjuk Nasdem Jadi Ketua DPRD Makassar Usai Raih Kursi Terbanyak

ERAINSPIRASI.COM, MAKASSAR — Jabatan ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar di pimpin oleh legislator partai Nasdem Supratman, dan tiga wakil ketua DPRD berasal dari partai Golkar, PKS, dan Gerindra.

Diketahui, keempat partai politik tersebut merupakan parpol yang beroleh perolehan kursi tertinggi di DPRD Makassar. Dan udah mengajukan tiap-tiap nama calon pemimpin definitif sebagian hari lalu.

Sementara Nasdem menjadi parpol bersama dengan perolehan kursi tertinggi bersama dengan mencapai 8 kursi atau 94.756 suara. Sehingga kursi pimpinan DPRD Makassar dapat diduduki oleh legislator NasDem.

Sedangkan tiga wakil ketua, tiap-tiap ditempati Golkar, PKS, dan Gerindra. Ketiga parpol tersebut beroleh kursi yang serupa yaitu 6 kursi.

Untuk lebih rinci perolehan nada tiap-tiap parpol, yaitu Golkar mencapai 97.209 suara. Kemudian, PKS mencapai 79.670 suara, dan Gerindra mencapai 75.758 suara.

Diketahui, pimpinan DPRD Makassar terdiri dari satu ketua dan tiga wakil ketua, yang berasal dari parpol bersama dengan urutan perolehan kursi terbanyak. Hal itu merujuk Pasal 376 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

Untuk legislator yang di tunjuk oleh partai NasDem sebagai ketua DPRD Makassar, yaitu Supratman. Ia termasuk menjabat Ketua DPRD Makassar waktu yang ditunjuk waktu pelantikan terhadap Jumat 9 September 2024 lalu.

Supratman merupakan legislator petahana dari Dapil Makassar IV yang meliputi Kecamatan Panakkukang dan Manggala bersama dengan perolehan 8.786 suara. Dan ini menjadi periode ketiganya menjabat di DPRD Makassar.

“Iya betul Supratman. Untuk penilaian dan sebagainya itu oleh DPP,” kata Sekretaris Nasdem Makassar, Ari Ashari Ilham waktu dikonfirmasi, Minggu (29/09).

Sementara itu, Ketua Golkar Makassar, Munafri Arifuddin menjelaskan pihaknya mengusulkan Andi Suharmika sebagai Wakil Ketua DPRD definitif.

“Pak Suharmika karena beliau merupakan petahana menjadi tidak perlu ulang beradaptasi. Kami anggap beliau punya kapasitas. Dari awal saya katakan kita perlu yang berpengalaman,” kata appi sapaan akrabnya.

Suharmika termasuk merupakan legislator petahana dari Dapil Makassar III yang meliputi Kecamatan Tamalanrea dan Biringkanaya. Pada Pileg lalu, dia beroleh 7.691 suara.

Untuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS) udah mengusulkan Anwar Faruk sebagai Wakil Ketua DPRD Makassar. Anwar termasuk merupakan legislator petahana dari periode 2019-2024 lalu, terhadap Dapil Makassar I yang meliputi Kecamatan Ujung Pandang dan Rappocini. Di dapilnya, dia berhasil meraup 3.203 suara.

Terakhir, Partai Gerindra mengusulkan Eric Horas legislator dari Dapil Makassar I bersama dengan raihan 7.536 suara. Eric Horas termasuk tak lain adalah Ketua Partai Gerindra Makassar.

Diketahui, Eric Horas udah dulu mempunyai pengalaman sebagai Wakil Ketua DPRD Makassar terhadap periode 2014-2019. Namun, terhadap periode 2019-2024, dia gagal menjaga posisinya lantaran Gerindra tidak masuk jajaran parpol pemenang.

Exit mobile version