Telkomsel Edukasi MAN 2 Makassar Cara Bikin Konten Positif

Telkomsel Edukasi MAN 2 Makassar Cara Bikin Konten Positif

ERAINSPIRASI.COM, Makassar – Program internet baik seri ketujuh digelar Telkomsel di MAN 2 Makassar, Selasa 7 Maret 2023. Ada lebih dari 800 siswa sekolah diajarkan cara membuat konten yang sehat dan positif.

Dalam kegiatan yang masuk rangkaian aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel itu, perusahaan telekomunikasi tersebut mendorong pemanfaatan internet dan media sosial secara Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, Kreatif (BAIK), program peningkatan literasi digital dari Telkomsel ini mengajak kalangan guru dan tenaga pendidik, orang tua, pelajar setingkat SMP dan SMA, hingga masyarakat umum.

Dengan mengusung tema ‘Inspire, Be Creative, Be Positive’, Program Internet BAIK Series 7 sebelumnya sudah digelar di Karawang (14/2), Bandar Lampung (28/2), Makassar (7/3). Selanjutnya akan digelar di Yogyakarta (20/5).

Kepala MAN 2 Kota Makassar Ibu Hj. Darmawati, S.AG, M.PD, menyampaikan terima kasih ke Telkomsel karena memilih sekolah tersebut sebagai lokasi Internet Baik Series 7.

Sementara, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Makassar H Aminuddin Tarawe, menyampaikan besarnya peluang anak muda untuk berkarir di dunia digital. Seperti menjadi youtuber, content creator dan lainnya.

General Manager DLS and Direct Sales Telkomsel Area Pamasuka – Muhammad Asrullah menjelaskan, berdasarkan laporan hasil pengukuran indeks literasi digital Indonesia tahun 2022 oleh Kemenkominfo bersama Katadata Insight Center (KIC), tingkat literasi digital Indonesia berada di 3,54 poin dari skala 1-5, yang berarti ‘sedang’ .

Angka ini merupakan suatu indikasi bahwa ada potensi peningkatan, khususnya pada beberapa aspek yang pemerintah gariskan, mulai dari digital skills, digital ethics, digital safety, sampai dengan digital culture. Nilai nilai itu pun menurut dia harus dikembangkan.

“Aspek digital itu ada empat. Digital skill itu seperti kemampuan koding, membuat aplikasi. Ada digital etic, seperti mematuhi aturan aturan privacy. Kemudian digital safety, misalnya jangan menyampaikan informasi pribadi di internet. Terakhir digital culture, artinya bagaiman teknologi digital ini kita manfaatkan untuk memajukan ekosistem kita,”ujar Asrullah.

Menurut dia, adalah tanggung jawab moral sosial agar terlibat jadi generasi sukses untuk saling menginspirasi dan memberikan manfaat di antara kita semua.

Program Internet BAIK secara khusus Telkomsel hadirkan untuk mendukung tercapainya peningkatan tersebut, mulai dari mikrosistem pelajar, teman sebaya, guru, dan orang tua yang dapat saling menginspirasi dan mempengaruhi secara positif.

Dalam pelaksanaan tahun ketujuhnya, para peserta Program Internet BAIK Series 7 akan diajak untuk menciptakan konten yang positif secara efektif.

Sebagai upaya pembentukan karakter generasi muda yang kreatif dan inspiratif dalam berinternet dan bermedia sosial, Program Internet BAIK Series 7 akan melangsungkan serangkaian kegiatan edukasi berupa seminar, online training, online competition, dan awarding.